Rabu, 29 Oktober 2008

PROFIL SEKOLAH

A. Sejarah Singkat

Upaya meningkatkan mutu pendidikan dan pemerataan dalam memperoleh kesempatan pendidikan merupakan kebijakan Departemen Pendidikan Nasional sebagaimana diamanatkan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, yang kemudian diimplementasikan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Salah satu usaha untuk mewujudkan kebijakan tersebut adalah dengan membuka unit sekolah baru terutama di wilayah penduduknya.
Sebagaimana diketahui Pondok Aren merupakan wilayah penyangga Ibukota Jakarta yang penduduknya cukup padat sebagai akibat arus urbanisasi yang tidak terbendung. Realitas ini berdampak pada banyaknya anak usia SMP yang membutuhkan tempat belajar terutama di sekolah negeri.
Pada saat itu Pondok Aren hanya memiliki satu sekolah negeri setingkat SMP, yaitu SMP Negeri 1 Pondok Aren yang berdiri sejak tahun 1983. Sayangnya SMPN 1 Pondok Aren belum dapat memenuhi harapan masyarakat karena; pertama, letaknya yang kurang strategis yakni berada di kawasan dalam Perumahan Pondok Kacang Prima (PKP) yang sulit dijangkau oleh transportasi umum Kedua, daya tampung SMP ini terbatas. Ketiga, banyak menampung siswa yang berasal dari wilayah bagian barat.
Oleh karena alasan tersebut, maka pada tahun 1995 Drs. H. Wanhar, (Kepala SMPN 1 Pondok Aren saat itu), bekerja sama dengan Kantor Depdikbud Kabupaten Tangerang berinisiatif merintis berdirinya unit sekolah baru guna menambah daya tampung siswa khususnya di bagian wilayah timur Pondok Aren, yakni membuka kelas jauh atau kelas filial yang berlokasi di SD Negeri Pondok Aren VI.
Kelas afiliasi yang kelak menjadi cikal bakal SMP Negeri 2 Pondok Aren ini, mulai beroperasi pada tanggal 17 Juli 1995 bertepatan dengan tahun pelajaran baru 1995/1996. Jumlah siswa yang diterima untuk pertama kalinya sebanyak 111 orang yang dibagi dalam 3 rombongan belajar. Jumlah personil terdiri dari 12 orang guru, 2 orang staf tata usaha dan 1 orang pesuruh yang semuanya berstatus honorer. Kegiatan belajar mengajar berlangsung pada siang hari dengan dipimpin oleh Alan Suherlan, S.Pd sebagai Plh. Kepala Sekolah.
Sesudah melalui perjuangan yang tak kenal lelah, maka pada bulan Januari 1996 unit gedung baru SMP Negeri 2 Pondok Aren mulai dibangun di atas areal tanah Pemda Kabupaten Tangerang yang bersumber dari PT. Jaya Real Property Bintaro Jaya seluas 6.428 m2 yang berlokasi di desa Jurangmangu Barat Kecamatan Pondok Aren Tangerang. Pembangunan gedung baru ini selesai pada bulan Maret 1996 dan mulai digunakan sebagai ruang kegiatan belajar mengajar pada tanggal 15 Juli 1996. Kelas jauh SMP Negeri 1 Pondok Aren ini secara resmi ditunggalkan menjadi SMP Negeri 2 Pondok Aren Tangerang berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional nomor 046/O/2001 tanggal 17 April 2001.
Kini SMP Negeri 2 Pondok Aren telah mengalami perkembangan sangat pesat, baik kuantitas maupun kualitas. Hal ini terlihat dari bertambahnya bangunan ruang kegiatan belajar mengajar dan fasilitas lainnya, animo masyarakat yang tinggi untuk mendaftar ke sekolah ini serta jumlah tenaga pengajar yang cukup banyak dan pada umumnya berpendidikan sarjana yang berkompeten di bidangnya masing-masing, sehingga pada tahun 2005 memperoleh Nilai Akreditasi A (Amat Baik) dari Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Kabupaten Tangerang. Pada saat ini SMPN 2 Pondok Aren tengah berbenah diri untuk meningkatkan status sekolah menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN).
Beberapa Kepala Sekolah yang pernah memimpin sekolah ini, antara lain : (1) Drs. H. Wanhar S. (Pymt. Kepala Sekolah 1995-1997), (2) Alan Suherlan, S.Pd (Plh. Kepala Sekolah 1995-2001), (3) Drs. H. Muhyi Syarifudin, M.Pd (Pymt. Kepala Sekolah 1997-1998) (4) Dra. Tuti Sumartuti (Pymt. Kepala Sekolah 1998-1999) (5) H. Soemarmo, BA. (Pymt. Kepala Sekolah 1999-2001) (6) Drs. H. Antasa (Kepala Sekolah 2001-2006) (7) Alan Suherlan, S.Pd (Kepala Sekolah 2006- sekarang)

B. Visi

"Sekolah Prestatif Berstandar Nasional"

C. Misi

"Menyelenggarakan pembelajaran efektif berdasarkan kurikulum satuan pendidikan dengan dukungan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dan sarana prasarana yang memadai"

D. Tujuan

"Menghasilkan lulusan yang cerdas, kreatif dan kompetitif dilandasi iman dan taqwa"

E. Program Strategis

1. Mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang adaptif terhadap perkembangan IPTEK.
2. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar
3. Meningkatkan intensitas pembinaan dan kegiatan kesiswaan
4. Meningkatkan kesejahteraan dan keterampilan personil
5. Mengembangkan manajemen berbasis sekolah

F. Kondisi Umum Sekolah

1. Keadaan Siswa

Tahun Pelajaran Jumlah Calon Siswa Baru Kelas VII Kelas VIII Kelas IX Total
Jml Siswa Jml
Kls Jml Siswa Jml
Kls Jml Siswa Jml
Kls Siswa Kls
2004/2005 741 283 6 380 8 318 7 981 21
2005/2006 574 240 6 280 6 373 8 893 20
2006/2007 608 320 8 229 6 270 6 893 20
2007/2008 617 309 8 318 8 225 6 852 22
2008/2009

2. Keadaan Personil

NO KEADAAN STATUS PENDIDIKAN
PNS HONORER
1 Kepala Sekolah 1 S2
2 Guru 38 12 S2 (6 ) S1 (32) D2 (1)
3 Pegawai TU 4 3 S1 (2) SLA (5)
4 Karyawan 5 SMA (1) SD (4)

3. Keadaan Sarana dan Prasarana

6. Prestasi Sekolah

a. Prestasi Akademik

Prestasi akademik siswa SMP Negeri 2 Pondok Aren yang telah dicapai sudah cukup baik, misalnya nilai rata-rata ujian nasional dan ujian sekolah dalam beberapa tahun ini sudah berada di atas level 6,50.

REKAPITULASI NILAI RATA-RATA
UJIAN NASIONAL (UN) &UJIAN SEKOLAH (US)
TAHUN 2004 s.d. 2007

NO RATA-RATA
NILAI TAHUN
2004 2005 2006 2007 2008
1 UN 5.43 6.52 6.58 7.22
2 US 6.37 6.55 7.36 7.62

Selain prestasi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah di atas, SMP Negeri 2 Pondok Aren, telah mencapai prestasi sebagai Juara II Lomba Keunggulan Pembelajaran PKn tingkat Propinsi Banten tahun 2007.

b. Prestasi Non-akademik

Prestasi non-akademik yang pernah diraih SMP Negeri 2 Pondok Aren antara lain :
1. Juara I Lomba Tata Upacara Bendera tingkat Kabupaten
2. Juara II Lomba Menyanyi Solo Puteri tingkat Kabupaten
3. Juara Umum II Jambore Pramuka tingkat Kabupaten
4. Juara Harapan I Lomba PMR tingkat Kabupaten;
5. Juara I, II, III Pencak Silat tingkat Kabupaten
6. Juara III Lomba Baris Berbaris Tingkat Kabupaten
7. Juara II Kompetisi Lagu Nasional Tingkat Kabupaten
8. Juara I Lomba Gerak Jalan Se-Tangerang Selatan.
9. Mewakili Kabupaten Tangerang dalam Jambore Nasional 2006 di Jatinangor Sumedang

Semua kejuaraan itu belum terhitung dalam puluhan piala maupun piagam penghargaan yang telah diraih SMP Negeri 2 Pondok Aren sebagai juara umum dan pemenang terbaik dalam berbagai event tingkat lokal maupun tingkat regional.

7. Tamatan

Berdasarkan survey yang dilakukan sekolah setiap tahunnya, diperoleh data bahwa tamatan atau lulusan SMP Negeri 2 Pondok Aren yang diterima di SMA/SMK Negeri di wilayah Jakarta maupun Tangerang rata-rata mencapai 64% dan 27% di SMA/SMK swasta, sedangkan sisanya disinyalir tidak melanjutkan sekolah.

G. Motto

Motto SMP Negeri 2 Pondok Aren adalah UMAT yang merupakan kepanjangan dari :

U nggul dalam prestasi
M aju dalam berpikir
A manah dalam bertindak
T aqwa dalam bersikap

H. Logo SMPN 2 Pondok Aren

Makna logo :

1. Bingkai dan lingkaran huruf bermakna melindungi dan mengayomi seluruh sivitas akademika
2. Bola dunia bermakna berwawasan luas / global.
3. Tanduk api bermakna semangat membara untuk mencari dan memberi ilmu pengetahuan
4. Pena biru dan buku bermakna penyelenggaraan pembelajaran efektif
5. Padi dan kapas bermakna upaya menggapai dan kesejahteraan

PROGRAM PENDIDIKAN

A. Kurikulum Sekolah

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum yang digunakan SMP Negeri 2 Pondok Aren adalah kurikulum nasional yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang telah disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah.
KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan (sekolah). KTSP terdiri dari visi, misi dan tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.
Oleh karena itu sejak pemerintah mencetuskan KTSP pada 2006, maka sejak tahun pelajaran 2006/2007, SMP Negeri 2 Pondok Aren telah menerapkan kurikulum ini secara komprehensif, mulai kelas VII hingga kelas IX.

B. Struktur dan Muatan Kurikulum
Struktur kurikulum pendidikan dasar dan menengah berisi sejumlah mata pelajaran yang harus disampaikan kepada siswa.
Menurut acuan Standar Pendidikan program pendidikan di sekolah menengah pertama (SMP) dan yang setara, jumlah jam mata pelajaran minimal 32 jam pelajaran setiap minggu dan tatap muka setiap jamnya 40 menit.
Mengingat SMP Negeri 2 Pondok Aren berada di perbatasan DKI Jakarta, maka hal itu membawa akibat bahwa sebagian besar masyarakat/siswa masih bersikap Jakarta Oriented, artinya masih berorientasi untuk bisa melanjutkan ke SMA/SMK di wilayah DKI Jakarta. Namun di sisi lain DKI Jakarta memberlakukan sistem Kuota untuk lulusan di luar DKI Jakarta (umumnya hanya 5 %).
Oleh karena itu struktur kurikulum SMP Negeri 2 Pondok Aren menambah jumlah jam tatap muka pada mata pelajaran yang masuk kategori Ujian Nasional dari 4 jam menjadi 6 jam.
Struktur Kurikulum SMP Negeri 2 Pondok Aren disusun sebagai berikut :

1. Mata Pelajaran Wajib

KOMPONEN Kelas dan Alokasi Waktu
VII VIII IX
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama 2 2 2
2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 6
4. Bahasa Inggris 4 4 6
5. Matematika 4 4 6
6. Ilmu Pengetahuan Alam 4 4 6
7. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4 4
8. Seni dan Budaya 2 2 2
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2
10. Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2
B. Muatan Lokal 2 2 2
C. Pengembangan Diri 2*) 2*) 2*)
Jumlah 32 32 40

* ) dapat ditambah maksimal 4 jam

2. Mata Pelajaran Muatan Lokal

Mata Pelajaran Muatan Lokal (Mulok) merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah.
Isi muatan lokal ditentukan oleh sekolah, tidak terbatas pada mata pelajaran seni-budaya dan keterampilan, tetapi juga mata pelajaran lainnya, seperti bahasa Inggris dan TIK.
Muatan lokal yang dikembangkan di SMP Negeri 2 Pondok Aren adalah Keterampilan untuk kelas VII dan English Conversation untuk kelas VIII dan IX semester 1 dan 2. Hal ini dikarenakan letak wilayahnya berdampingan dengan Jakarta dimana persaingan global sangat membutuhkan persiapan SDM yang berdaya saing tinggi, maka kompetensi dan keunggulan keterampilan dan bahasa terutama bahasa Inggris percakapan (conversation) merupakan kebutuhan utama.

3. Pengembangan Diri

Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, serta minatnya sesuai dengan kondisi sekolah.
Kegiatan pengembangan diri berada di bawah bimbingan konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran. Penilaian kegiatan pengembangan diri dilakukan secara kualitatif (huruf A, B, C, D dan E) bukan kuantitatif (angka).
Alternatif yang ditawarkan kepada siswa untuk kegiatan Pengembangan Diri di SMP Negeri 2 Pondok Aren antara lain :

a. Bidang Akademik (Kelas IX), yang terdiri dari :
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Matemátika
Ilmu Pengetahuan Alam

b. Bidang Non Akademik termasuk Olah Raga dan Seni (Kelas VII dan VIII), terdiri dari :

NO EKSTRA KURIKULER PEMBINA
1 Tae Kwon Do Sondi
2 Pencak Silat Amirulloh, S.Kom
3 Paskibra Drs. Mustafa Kamal
4 Pramuka Burhanudin, S.Ag
5 PMR Nugroho Widi P. S.Pd
6 Bola Basket Teguh Subagyo, S.Pd
7 Sepak Bola Tri Winarno, S.Pd
8 Seni Musik M. Nurjamal, S.Pd
9 KIR Syarifah Yasieroh, S.Pd
10 Bulu Tangkis Muhammad Ali Omboh

c. Bidang Vokasional (Keterampilan), yaitu :
Menjahit
Percetakan / Sablon

D. Pengaturan Beban dan Waktu Belajar

Beban belajar ditentukan berdasarkan penggunaan sistem pengelolaan program pendidikan yang berlaku di sekolah. Sistem tersebut terdiri dari sistem paket dan sistem kredit semester (SKS). Adapun pengaturan beban belajar di SMP Negeri 2 Pondok Aren diatur sebagai berikut :
1. Beban belajar yang digunakan dengan menggunakan sistem paket dengan alokasi jam tatap muka 45 menit.
2. Pengaturan alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester ganjil dan genap dilakukan secara fleksibel dengan jumlah beban belajar yang tetap.
3. Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur sebesar 50% dari waktu kegiatan tatap muka setiap mata pelajaran.
4. Waktu belajar dalam satu minggu adalah enam (6) hari, dari hari Senin sampai Sabtu, dengan ketentuan sebagai berikut :

Waktu Belajar Pagi untuk kelas VIII dan IX

JAM KE SENIN JAM KE SELASA-SABTU JAM KE JUM'AT
0 Upacara 1 07.00 - 07.45 0 Kegiatan Bersama
0 Upacara 2 07.45 - 08.30 0 Kegiatan Bersama
1 08.30 - 09.15 3 08.30 - 09.15
2 09.15 - 10.00 4 09.15 - 10.00
Istirahat Istirahat
3 10.20 - 11.05 5 10.20 - 11.05
4 11.05 - 11.50 6 11.05 - 11.50
Istirahat Istirahat
5 12.20 - 13.05 7 12.20 - 13.05
6 13.05 - 13.50 8 13.05 - 13.50

Waktu Belajar Siang untuk kelas VII

JAM KE SENIN-KAMIS JAM KE JUM'AT JAM KE SABTU
1 12.20 - 13.05 Shalat Jum'at 1 12.20 - 13.05
2 13.05 - 13.50 1 13.30 - 14.15 2 13.05 - 13.50
Istirahat 2 14.15 - 15.00 Istirahat
3 14.05 - 14.50 Istirahat 3 14.05 - 14.50
4 14.50 - 15.35 3 15.15 - 16.00 4 14.50 - 15.35
Istirahat 4 16.00 - 16.45 Upacara
5 15.50 - 16.35
6 16.35 - 17.20

5. Khusus hari Jum’at diadakan program pembiasaan dalam bentuk kegiatan bersama (olah raga, keagamaan, ketahanan sekolah, atau bakti sosial) dan shalat Jum’at berjamaah bagi siswa laki-laki, dan keputrian atau Pembinaan Rohani Islam (Binrohis) untuk siswa perempuan.

E. Ketuntasan Belajar

Ketuntasan belajar setiap indikator yang dikembangkan sebagai suatu pencapaian hasil belajar dari suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100%. Kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing indikator 75%. Sekolah harus menentukan kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata siswa serta kemampuan sumber daya pendukung pembelajaran.
Untuk tahun pelajaran 2008/2009 SMP Negeri 2 Pondok Aren belum menentukan dan menyepakati Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) atau Target Pencapaian Kompetensi Minimal (TKPM), kini disebut Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebagai berikut :

NO MATA PELAJARAN KKM KKM SEKOLAH
1 Pendidikan Agama 65
61
2 Pendidikan Kewarganegaraan 60
3 Bahasa Indonesia 63
4 Bahasa Inggris 56
5 Matematika 58
6 IPA 59
7 IPS 64
8 Seni Budaya 63
9 Penjaskes 64
10 Tikom 60
11 Mulok EC 60
12 Mulok Keterampilan

F. Kenaikan Kelas dan Kelulusan

1. Syarat Kenaikan Kelas

Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Siswa dinyatakan naik kelas apabila :
1. Telah mencapai kriteria ketentuan minimal pada semua indikator, Kompetensi Dasar (KD), dan Standar Kompetensi (SK) pada semua mata pelajaran.
2. Kehadiran di kelas untuk semua mata pelajaran minimal 80 % untuk kelas VII dan 85 % untuk kelas VIII.
3. Tidak pernah terlibat , miras, dan tawuran.
4. Tidak pernah melawan guru secara fisik dan non fisik.

Siswa dinyatakan harus mengulang di kelas yang sama apabila :
1. Belum mencapai kriteria ketuntasan minimal pada lebih dari 4 mata pelajaran dan tidak boleh ada nilai kurang dari 45.
2. Ketidak hadiran tanpa keterangan di kelas untuk semua mata pelajaran lebih dari 20 % untuk kelas VII dan 15 % untuk kelas VIII.
3. Pernah terlibat miras, dan tawuran.
4. Pernah melakukan tindakan melawan guru secara fisik dan non fisik.

Ketika mengulang di kelas yang sama, nilai siswa untuk semua aspek mata pelajaran yang ketuntasan belajar minimumnya sudah tercapai, minimal sama dengan yang sudah dicapai pada tahun sebelumnya.

2. Syarat Kelulusan

Sesuai dengan ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 Ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah:
a. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan;
c. Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
d. Lulus Ujian Nasional.

G. Kalender Pendidikan 2008/2009

Jadwal Tentatif Kegiatan Sekolah

NO JENIS KEGIATAN TANGGAL
1. Penerimaan Siswa Baru 3-5 Juli 2008
2. Pendaftaran Ulang 7-9 Juli 2008
3. Hari Pertama /Mabis 14,15,16 Juli 2008
4. Hari Efektif Belajar 17 Juli - 30 Agt 2008
5. Libur Awal Puasa 1-2 Sept. 2008
6. Hari Efektif Belajar 3-13 Sept 2008
7. Pekan Ulangan Tengah Smt. 15-20 Sept. 2008
8. Libur Idul Fitri 22 Sept - 4 Okt 2008
9. Hari efektif belajar 6 Okt - 6 Des. 2008
10. Ujian Akhir Semester Ganjil 8 - 13 Des. 2008
11. Pekan Remedial 15 - 19 Des 2008
12. Pembagian Rapor Smt Ganjil 20 Des. 2008
13. Libur Semester Ganjil 22 Des -3 Jan 2008
14. Try out Ujian Nasional 13,14-30,31 Mar. 2008
15. Hari efektif belajar 5 Jan-2 Mei 2009
16. Ujian Nasional 4-7 Mei 2009
17. Ujian Sekolah 11-16 Mei 2009
18. Hari efektif belajar 18 Mei-6 Juni 2009
19. Ulangan Kenaikan Kelas 8-13 Juni 2009
20. Pekan Remedial 15-19 Juni 2009
21. Pembagian Raport Smt Genap 20 Juni 2009

KOMITE SEKOLAH

Pendidikan merupakan tugas dan tanggung jawab orang tua, sekolah, dan masyarakat. Orang tua sebagai pihak pengguna dan penikmat hasil pendidikan memiliki tugas yang sama dalam mendidik anak. Sekolah dan orang tua melakukan penyelarasan visi, misi, strategi, tujuan dan sasaran pendidikan.
Hubungan antar keduanya bersifat mutualistik untuk mewujudkan kerjasama yang produktif, saling pengertian dan atas dasar pembagian wilayah kerja. Media untuk menjembatani terciptanya hubungan tersebut adalah Komite Sekolah
Melalui Komite Sekolah, orang tua/wali murid dapat memainkan peran dalam membantu kelancaran proses pendidikan, memberikan masukan, saran, tanggapan, gagasan dan melakukan evaluasi terhadap jalannya proses pendidikan di SMP Negeri 2 Pondok Aren Komite Sekolah merupakan bagian integral dari struktur lembaga pendidikan

Susunan Pengurus Komite Sekolah
Periode 2006-2008

NAMA JABATAN STATUS
Drs. H. Syarifudin Gumay Ketua Tokoh Masyrakat
Aminah, S.Pd Sekretaris Tokoh Pendidikan
Drs. H. Rohidi Bendahara Guru
Drs. Kusno, MM Anggota Guru
Sri Mulyani, S.Sos Anggota PNS
Endang Sutarya Anggota Wiraswasta
Trisnani Anggota Ibu Rumah Tangga
Salamun Anggota Orang Tua Siswa
Hamid Anggota Orang Tua Siswa
S. Hariyanto Anggota Karyawan
Nur Ilham Anggota Karyawan

BIAYA PENDIDIKAN

A. Sumber Dana Pendidikan

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh sebuah lembaga selalu membutuhkan dan mengeluarkan biaya demikian pula dengan SMP Negeri 2 Pondok Aren. Biaya Pendidikan sebuah sekolah atau lebih dikenal dengan Biaya Investasi Sekolah (BIS) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk menjalankan roda kegiatan pendidikan di SMPN 2 Pondok Aren pada tahun 2007/2008 mencapai 1,7 miliar rupiah.
Seluruh biaya investasi SMP Negeri 2 Pondok Aren bersumber dari :

NO SUMBER PEMBIAYAAN JUMLAH
1 Komite Sekolah (Orang Tua Siswa) 62 %
2 APBN 34 %
3 APBD 4 %
JUMLAH 100 %

Oleh karena itu jalannya operasional sekolah ini sedikit banyak tergantung pada kelancaran kerjasama orang tua siswa dengan sekolah. Untuk itu tidak lupa keluarga besar SMP Negeri 2 Pondok Aren mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para orang tua siswa yang telah membantu kelancaran jalannya kegiatan belajar mengajar di sekolah ini melalui sumbangan biaya pendidikan yang dikelompokkan menjadi:
1. Dana Sumbangan Pendidikan Awal Tahun (DSP).
2. Dana Sumbangan Pembinaan Pendidikan Bulanan (SPP).
3. Dana Kegiatan Pembinaan Kesiswaan (OSIS)
4. Dana Kegiatan Akhir Tahun (Perpisahan dsb).
5. Dana Kegiatan Lain-lain (Widyawisata dsb.)
Seluruh keuangan sekolah yang bersumber dari Orangtua/Wali Murid (Komite Sekolah) ditentukan berdasarkan hasil musyawarah antara pihak sekolah dengan pihak orangtua/wali murid melalui rapat komite sekolah.
Dari seluruh keuangan tersebut dipergunakan untuk melengkapi atau memenuhi kebutuhan sarana prasarana, KBM dan Pembinaan Kesiswaan.

B. Beasiswa

SMP Negeri 2 Pondok Aren memberikan beasiswa kepada para siswa yang terdiri dari :
1. Beasiswa prestasi bidang akademik.
Beasiswa ini diberikan selama satu semester kepada :
a. 3 (tiga) orang siswa baru yang dinyatakan diterima dan memiliki jumlah nilai tertinggi.
b. 3 (tiga) orang siswa kelas VII yang naik ke kelas VIII dan memiliki nilai tertinggi.
c. 3 (tiga) orang kelas VIII yang naik ke kelas IX dan memiliki nilai tertinggi.
Beasiswa tersebut dapat diperpanjang untuk semester berikutnya apabila siswa yang bersangkutan tetap memiliki jumlah nilai yang tertinggi.
2. Beasiswa prestasi non-akademik
Beasiswa ini diberikan kepada para siswa yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing serta mendapat pengakuan oleh pihak terkait mengenai prestasinya.
Contoh : Prestasi siswa dalam bidang Pencak Silat dsb.
3. Beasiswa Penghargaan
Beasiswa ini diberikan kepada siswa SMP Negeri 2 Pondok Aren yang orang tuanya mengabdikan diri di sekolah ini.
4. Beasiswa Pembebasan Biaya Pendidikan
Beasiswa ini diberikan kepada anak-anak yatim piatu atau fakir miskin yang benar-benar tidak mampu membayar biaya pendidikan.
5. Beasiswa Keringanan Biaya Pendidikan
Beasiswa ini diberikan kepada para siswa yang orangtua/walinya kurang mampu membayar biaya pendidikan

O S I S

A. Profil OSIS SMP Negeri 2 Pondok Aren

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) merupakan satu-satunya organisasi kesiswaan yang boleh berdiri di sekolah, dan menjalankan program-program yang diaspirasikan oleh siswa. Dengan kata lain, OSIS merupakan lembaga eksekutif bagi siswa di dalam sekolah.
Tujuan didirikannya OSIS adalah untuk melatih siswa dalam berorganisasi dan menjalankan kegiatan sekolah yang berhubungan dengan siswa.
Selain itu, OSIS juga merupakan salah satu jalur pembinaan siswa sebagai wadah untuk menumbuhkembangkan berbagai macam kemampuan seperti kemampuan managerial, kepemimpinan (leadership), berkomunikasi, kematangan berfikir, serta pengembangan nilai-nilai kepribadian siswa.
Pemilihan pengurus OSIS ditetapkan melalui seleksi terhadap siswa yang mendaftarkan diri sebagai calon pengurus OSIS. Seleksi untuk menjaring calon pengurus OSIS meliputi seleksi terhadap kemampuan intelektual, mental dan bakat kepemimpinan. Khusus untuk calon Ketua Umum OSIS, selain syarat-syarat di atas, proses pemilihan dilakukan secara demokratis yakni langsung oleh seluruh siswa setelah terlebih dahulu mendengarkan kampanye secara lisan oleh para kandidat calon ketua umum OSIS.
Beberapa kegiatan OSIS diantaranya Class meeting, Kegiatan Idul Fitri, Kegiatan Idul Adha, Bakti Sosial dan ANTARIKSA.
Kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS dapat dibagi atas 2 macam kegiatan, yaitu kegiatan rutin dan kegiatan insidentil. Contoh kegiatan rutin adalah melaksanakan peringatan Hari Besar Agama atau Nasional, Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Peringatan hari Jadi Sekolah, dan Masa Bimbingan Siswa baru. Sedangkan contoh kegiatan insidentil yang pernah dilaksanakan adalah kegiatan Reuni Akbar yang dilaksanakan oleh OSIS bersama alumni. Susunan pengurus OSIS terdiri atas Pengurus Inti dan 8 Seksi. Kepengurusan OSIS ini selalu diganti setiap tahun karena siswa kelas IX diharapkan tidak lagi disibukkan dengan kegiatan ini karena mereka harus lebih konsentrasi untuk persiapan ujian akhir.
Sebagai institusi pendidikan yang mengutamakan kualitas lulusannya, SMPN 2 Pondok Aren memberi kesempatan bagi pengurus OSIS untuk mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya dalam menjalankan kegiatannya, karena dari organisasi di tingkat sekolah ini kelak akan lahir calon-calon pemimpin bangsa di masa depan.

B. Susunan Pengurus OSIS Periode 2007-2008

NO JABATAN NAMA KELAS
1 Ketua Osis Wenny 8.8
2 Wakil Ketua I TMA Lotan 8.1
3 Wakil Ketua II M. Hari Sudiharsudi 8.1
4 Sekretaris I Mustika Dwi N 8.2
5 Sekretaris II Sinta S 8.1
6 Bendahara I Azahra P 8.4
7 Bendahara II Wina A 8.7
Seksi - seksi :
1 Ketaqwaan terhadap 1. Resti Marwa S. 8.3
Tuhan YME 2. Ayu Nurmala 8.2
3. Anggun P N 8.1
2 Kehidupan Berbangsa 1. Erni Yulianti 8.2
Dan Bernegara 2. Ayu Nurmala 8.8
3. Sri Mulyani 8.6
3 Pendidikan Pendahulu- 1. Ambar Tri M 8.7
An Bela Negara 2. M.Rifai 8.7
3. Andri Hamdani 8.5
4 Kepribadian dan Budi 1. Anita Utami 8.4
Pekertti 2. Debby 8.2
3. M. Fakhreza 8.8
5 Berorganisasi Pendidik- 1. Mita Lestari 8.4
An Politik dan Kepe- 2. Siti Komalasari 8.5
mimpinan 3. Umiyati 8.4
4 Keterampilan dan Ke- 1. Sri Handayani 8.7
Wiraswastaan 2. Khomisah 8.3
3. Adisty 8.5
5 Kesegaran Jasmani dan 1. Rahman Okta 8.1
Olah raga 2. Astri Novianti 8.5
3. Dwi Wahyu S. 8.2
6 Persepsi, Apresiasi dan 1. Rani Eka S. 8.6
Daya Kreasi Seni 2. Yulianti Putri 8.5
3. Bella Galica S 8.1
7. Keamanan dan Perun- 1. Aida Safitri 8.4
dangan 2. Fitri Maritha P 8.2
3. Rohman Dwi F. 8.2


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Home Improvement. Powered by Blogger